Pengemis Oooooh Pengemis….


Kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dll menjadi magnet yang sangat besar bagi hampir sebagian besar penduduk Indonesia. Jakarta atau kota-kota besar lainnya memberikan kesempatan dan peluang bagi mereka yang hendak mengadu nasib baik yang memiliki skill maupun pekerja kasar. Dengan kondisi upah minimum yang cukup besar dibandingkan didaerah, Jakarta juga kerap kali menjadi tolak ukur pendapatan yang dapat mensejahterakan siapapun yang berjuang mengadu nasib disana. Secara umum tidak ada masalah yang berarti bagi yang memiliki skill, kemampuan dan kualifikasi yang mumpuni untuk bekerja di kota besar, namun yang menjadi permasalahan adalah bagi mereka yang sudah pas-pasan dari sisi materi, dan juga tidak memiliki skill. Mereka ini yang sering menjadi gelandangan dan pengemis.
Namun ironisnya, bagi beberapa orang, menjadi pengemis menjadi pilihan yang sangat rasional, hal ini dikarenakan menjadi pengemis memberikan keuntungan yang sangat besar, yang dapat saya gambarkan secara singkat dari potret pengemis di lampu merah. Dengan lama menunggu di setiap simpangan lampu merah sekitar 1-2 menit, rata-rata pengemis akan mendapatkan 2-5 ribu, maka dalam 1 jam kesempatan meraup keuntungan sekitar 60-150 ribu dengan kesempatan 30x lampu merah dalam 1 jam. Dengan rata-rata sehari pengemis bekerja 6 jam, jadi pendapatan perhari pengemis adalah sekitar 360-900ribu, sangat menggiurkan bukan profesi pengemis ini. Bayangkan pundi-pundi rupiah yang dapat dikumpulkan dengan bekerja 30 hari penuh yang mencapai 11-27 juta.
Dengan level pendapatan jauh diatas UMR, maka tidak heran makin banyak pengemis berkeliaran dilampu merah mengais rupiah demi rupiah. Banyak pihak yang seharusnya dapat mencegah hanya melakukan pembiaran. Hukuman tidak tegas dan tidak ada efek jera, serta godaan rupiah yang sangat besar akan terus membuat jumlah pengemis akan bertambah terus setiap harinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s