Teknologi yang menghubungkan kita…


Setiap kali kita berjalan melintasi pusat perbelanjaan, kampus, restoran, bahkan sampai dijalan raya orang sibuk menggunakan alat komunikasi mereka, tanpa menghiraukan orang lain, sehingga ungkapan alat komunikasi jaman sekarang lebih kearah mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Kalau kita telusuri perkembangan teknologi sekarang ini, dimulai dari era Ericsson, Siemens dan nokia di awal tahun 2000, sampai sekarang bermunculan hape cina, gadget berbasis smartphone android, apple sampai yang paling gress saat ini yaitu Blackberry.

Tidak bisa dipungkiri, serbuan smartphone android, apple dan blackberry selain menjadikan pasar Indonesia menjadi penuh sesak, serbuan gadget tersebut menjadikan tren lifestyle baru bukan hanya bagi kalangan muda, namun sampai juga menjamah kalangan ibu rumah tangga

Apabila kita telusuri lebih lanjut dapat dilihat pola industri komunikasi didunia, bahwa siapa yang membawa perubahan unik, ekstrim dan sesuai dengan selera pasar, dialah yang akan memenangkan persaingan.

Ericssen dan Siemens sempat merajai dunia komunikasi diera 90an dengan pangsa pasar kalangan pebisnis. Pada saat itu mobile gadget masih sangat mahal, sehingga hanya bisa dimiliki kaum berduit, terlebih lagi biaya penggunaan yang sangat mahal. Seiring dengan perkembangan jaman, nokia masuk sebagai pemain baru dengan berbagai inovasi, terutama dari segi model, interface yang lebih simple dan harga yang lebih murah mulai perlahan merebut pasar komunikasi dunia.

Nokia yang berbasis di finlandia mulai bisnisnya dengan slogan “connecting people” seolah menyihir dunia dengan teknologi interface yang mudah dan berbagai variasi model yang ditawarkan. Inovasi inilah yang menjadikan nokia menjadi market leader. Ditengah gempuran nokia dengan gadget inovatif nya, Siemens dengan tag line “be inspired” semakin tenggelam, meskipun sempat berkolaborasi dengan BenQ, namun sinergi yang diharapkan tidak terwujud. Ericson disaat yang sama mencoba peruntungan dengan melakukan merger dengan Sony untuk menghasilkan sinergi yang positif. Diawal kemunculannya Sony Ericson menggebrak dengan menggabungkan fungsi kamera dan pemutar music sebagai fitur utama yang sampai sekarang menjadi cirri khas yang sangat khas. Sinsergi tersebut menghasilkan pasar tersendiri. Selain gebrakan dari sisi inovasi sony Ericson juga merambah kedunia perfileman dengan berhasil menjadikan salah satu gadgetnya menjadi gadget james bond, yang menjadikan oenjualan gadgetnya menunjukan grafik yang memuaskan.

Memasuki tahun 2006 serbuan ponsel cina dengan berbagai fitur ajaib, seperti dual sim card, TV tuner, sampai gps menjadikan ponsel cina mempunyai pasar tersendiri bagi yang hendak memiliki gadget penuh fitur namun harga murah meriah.

Semakin hari teknologi ponsel menjadi semakin berkembang pesat dengan berbagai fitur, model dan kelengkapan didalamnya, sehingga kebutuhan akan ponsel pintar menjadi dambaan semua orang, sehingga hadirlah generasi terbaru smart phone keluaran apple, Samsung dengan android nya dan Research In Motion dengan Blackberry nya. Sebenarnya RIM dan Apple sudah lama mengeluarkan smartphnenya, namun dengan perkembangan pasar sekarang smartphone tidak lagi eksklusif digunakan oleh pebisnis, namun semua orang.sudah bisa menikmatinya.

Pada akhirnya pertanyaan yang menggelitik bagi semua orang adalah, apakah teknologi komunikasi ini dapat lebih mendekatkan kita dengan teman/rekan/keluarga/kerabat? Atau bahkan malah menjauhkan kita dari mereka?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s